Tips Tradisional mengatasi Amandel

Posted: Tuesday, February 21, 2012 by Ciloty BrotherHoodz Community in Labels: ,
Comments

Penyebab amandel adalah pembengkakan tonsil. Gejalanya kepala pusing, demam, suhu badan naik, saat menelan makanan terasa nyeri, napas bau, badan lemas, muka pucat, berkeringat dan pembengkakan. Terdapat macam-macam virus dan bakteri yang menyebabkan penyakit radang amandel, termasuk virus yang menyebabkan mononucleosis (virus Epstein-Barr) dan bakteri yang menyebabkan terjadinya radang tenggorokan (Streptococcus pyogenes). Disini kami akan bahas cara tradisional dalam mengatasi amandel tersebut.






Cara pertama

a. Bahan
  • Jeruk nipis 1 buah
  • Rimpang kunyit 1 ruas sebesar ibu jari
  • Madu 1 sendok makan
  • Air 1/2 gelas

b. Cara menggunakan

Jeruk nipis diperas diambil airnya. Kunyit diparut dan diperas diambil airnya juga kemudian air jeruk nipis tadi dicampur dengan madu dan dikocok. Masukkan dalam setengah gelas air, aduk rata lalu disaring. Minumlah ramuan ini secara teratur sehari dua kali pagi dan sore hari.

Cara kedua

a. Bahan
- Kulit jeruk nipis 3 buah
- Air 2 gelas
b. Cara menggunakan
Kulit jeruk nipis dipotong dan dicuci lalu di campurkan dengan dua gelas air. Campuran itu kemudian di rebus hingga tinggal tiga perempat gelas lalu disaring. Gunakan hasil saringan tersebut untuk berkumur-kumur dan terus diminum. Cara ini dilakukan setiap hari sebanyak empat sendok makan dan dilakukan 3-4 hari.

Cara ketiga

a. Bahan
   - Buah pace secukupnya
   - Gula batu secukupnya

b. Cara menggunakan
Buah pace diparut kemudian diperas dengan sepotong kain. Tambahkan sedikit garam dan gula batu. Minum dua kali sehari pagi dan sore hari. Lakukan secara berturut-turut selama 5-7 hari hingga sembuh.

Cara keempat

a. Bahan
   - 1 genggam daun benalu jeruk nipis
   - 1 sendok teh adas pulosari (pulowaras)

b. Cara menggunakan
Tumbuk kedua bahan sampai halus, tambahkan sedikit air masak lalu peras dengan sepotong kain. Minumlah ramuan ini dua kali sehari.

Pencegahan

Sebaiknya lakukan hidup higenis termasuk sebelum makan cuci tangan, kebersihan lingkungan, kebersihan makanan adalah cara terbaik untuk mencegah terjadinya berbagai jenis infeksi, termasuk juga tonsilitis.