Asupan air perhari

Posted: Thursday, October 23, 2014 by Ciloty BrotherHoodz Community in Labels: ,
Comments

Yaelah udah banyak sarang laba2 aja ini blog, ckckck kasian para reader yang nungguin tulisan baru tiap hari hhehe :p
Oke guys hari ini ane akan berusaha menuliskan apa yang ane tahu dan semoga segala hal yang ane share ini mendapatkan berkah dan pahala bagi kita semua aamiin

Hari ini kita akan membahas tentang "Berapa banyak sih air yang harus kita konsumsi perhari ?"
Mungkin pertanyaan itu udah sering kita dengar dan ane yakin hampir dari semua dari kita pasti udah tau jawabannya :DELAPAN GELAS PERHARI: atau :DUA LITER PERHARI:
yap, jawaban diatas sebenarnya udah bener, tetapi adalah sebuah omong kosong bagi setiap ilmu pengetahuan yang didapat tanpa mengetahui sumbernya darimana.
Ane gak nyalahin jawaban yang ente berikan ataupun jawaban yang ente dapatkan, tapi disini ane akan membubuhkan "sumber" agar ente2 semua makin yakin dan percaya diri dengan jawaban diatas.

Ente pernah dengar orang bernama "Dr. Arthur C.Guyton" ? kalo yang udah pernah denger ya syukur kalo belum ya udah gpp ini ane kasih sediki info. Beliau adalah salah satu bapak Fisiologi dalam dunia kedokteran.

Nah kembali lagi ke masalah air-airan, di dalam bukunya yang berjudul "Buku Ajar Fisiologi Kedokteran Guyton & Hall" menerangkan bagaimana mekanisme asupan dan pengeluaran cairan dalam tubuh.

 gambar dalam satuan mL

yeaah ini dia penjelasannya
Pangeluaran

  • Insensible -Kulit : Merupakan salah satu proses pengeluaran cairan tubuh melalui difusi kulit, jadi kita semua meskipun gak berkeringatpun kulit tetap mengeluarkan air keluar tubuh melalui uap2 air
  • Insensibe -Paru : Pernah menghembuskan udara dari mulut ke lapisan kaca ? apa yg terjadi ? pengembunan bukan ? nah ini dia evaporasi dari paru, dimana udara akan dijenuhkan di sal.pernapasan dan dijadikan uap air
  • Keringat : pastilah ente2 udah paham apa itu keringat, dan keringat itu dipengaruhi sama kegiatan dan suhu lingkungan
  • Tinja : Did you know tinja ? yaelaah x_x g perlu dibahas apa itu tinja, yang jelas di dalam tinja juga mengandung air ya, g kebayang tinja ente2 semua gda air, serasa kulit di gerus sama kertas pasir, nyesek, sakit, pasti dah bedara2 tuh pant*t ente
  • Urin : Tau urin ? pipis ? kanciang ? air berseni ? hhe, jelas dong ya pipis itu diatur oleh ginjal dan ginjal itu sebenarnya sebagai pengatur keseimbangan cairan di dalam tubuh kita
Naaaah, dari gambar diatas sudah bisa kan di estimasikan berapa pengeluaran cairan dari tubuh kita dan berapa banyak cairan yang kita butuhkan. Bener ya berarti kita butuh kira2 2L perhari, tapi utk penjelasannya, noh diatas ;) jadi ente2 udah bisa mempertanggung jawabkan pengetahuan yang ente punya, ya paling nggak gak buat ajaran sesat hhoho

Oke guys ane rasa cukup itu dulu yang dibahas di rubik tips kesehatan ini, untuk selanjutnya hmmm nantikan aja hhehe
seeeya

R