Tips Merawat Wajah Berjerawat

Posted: Tuesday, February 21, 2012 by Ciloty BrotherHoodz Community in Labels: ,
Comments

Penyakit jerawat atau kukul yang biasanya menjangkit kepada remaja muda terutama remaja wanita. Jerawat ini biasanya tidak menimbulkan rasa sakit namun bagi yang mempunyai jerawat biasanya akan risih atau malu saat wajahnya teradapat jerawat yang mengakibatkan tidak percaya diri di depan publik maupun pacar sendiri. Memang bagi para remaja jerawat akan mudah muncul terutama yang jarang merawat kulit wajahnya. Perawatan sendiri sebenarnya ada banyak cara dari perawatan ringan sampai perawatan yang membuat ribet. Kunci pokok agar tidak tumbuh jerawat di wajah yaitu selalu menjaga kebersihan dan kadar minyak yang dikeluarkan dari kulit wajah.


Penyebab

  • Kurang keluar keringat
  • Darah kotor
  • Pengaruh alkohol disebabkan kosmetik yang tidak cocok
  • Terlalu banyak makan zat minyak atau yang mengandung lemak
  • Naik motor tanpa menggunakan masker
  • Kulit muka jarang dibersihkan
  • Tangan selalu menyentuh wajah
  • Terlalu banyak mengonsumsi yang manis-manis

Cara merawat kulit muka terutama yang berjerawat ada dua macam. Yang oertama pembersihan diikuti oleh penyegaran dan perawatan dengan memakai bedak dingin.

  • Perawatan pertama

Kalau akan tidur setidaknya wajah kita di gosok-gosok dengan menggunakan irisan tomat atau dengan irisan ketimun. Atau yang lebih bagus lagi ketimun yang diparut dan dicampuri dengan sedikit air kemudian disaring dengan kain tipis. Atau anda bisa memblendernya (jus) lalu hasil blender tadi diperas menggunakan kain tipis untuk mengambil air perasannya. Air ketimun tersebut terus disapukan pada kulit muka kita dengan kapas sampai merata. Atau anda bisa menambahkan madu sedikit dengan perasan jeruk nipis dan minyak zaitun agar hasilnya lebih baik lagi.
Paginya saat sudah bangun tidur kita mncari handuk kecil terus kita masukkan air hangat dan diperas sedikit kemudian diusapkan pada wajah yang telah digosok dengan air ketimun tadi. Air hangat gunanya untuk menghilangkan lemak-lemak pada kulit muka. Yang kedua kita mencari handuk kecil lagi kemudian dimasukkan ke dalam air es. Caranya juga sama handuk tersebut diperas sedikit kemudian diusapkan pada wajah yang telah di sapu dengan air hangat tersebut. Hal iini gunanya air es atau air dingin untuk merapatkan kembali pori-pori yang tadi terbuka akibat air hangat.

  • Perawatan kedua

Cara perawatan kedua adalah dengan memakai bedak dingin. Bedak dingin bentuknya ada dua macam yaitu bulat-bulat seperti telur cecak kecil-kecil sedangkan satunya masih merupakan tepung. Untuk cara memakainya bagi yang berbentuk seperti telur cecak ambil dua butir diremas-remas dengan air sedikit kemudian dibedakkan pada kulit muka kalau mau tidur. Bagi bedak yang merupakan tepung ambil setengah sendok teh kecil juga dicampur sedikit air dibedakkan pada kulit muka hingga merata saat hendak tidur. Rasanya pada kulit muka segar, dingin berbau sedap dan harum, karena dari ramuan tradisional. Paginya kulit muka dicuci dengan air biasa.

Cara pembuatan bedak
Bahan :
- Tepung beras 1/4 liter
- Tepung bengkuang/tepung besusu 1/4 liter
- Temu giring 1 ons
- Kancur 1 ons
- Lempuyang 1 ons
- Buah pinang 10 buah
- Adas pala waras 1 sendok makan
- Akar lara setu 1 ikat kecil
- Air dingin secukupnya
- Bibit minyak wangi 10 cc

Cara membuat :
  1. Cara mengerjakannya hampir sama dengan cara membuat param yaitu beras dicuci uang bersih terus direndam selama 12 jam kemudian disaring dan disiram dengan air bersih supaya baunya hilang. Kalau sudak kurang lebih satu jam beras tersebut disaring kemudian ditumbuk yang halus dibuat tepung diayak di tambah dengan tepung bengkuang.
  2. Bahan temu giring, kencur, lempuyang, dan buah pinang dikupas kulitnya lalu diiris tipis-tipis kemudian dijemur sampai kering.
  3. Bahan adas pula waras dan akar lara setu dicuci lalu dijemur.
  4. Ramuan pertama dan kedua tadi dicampur jadi satu ditumbuk kemudian diayak.
  5. Selanjutnya dicampur dengan air secukupnya dan diremas-remas hingga menjadi adonan yang pekat seperti adonan dalam membuat roti.
Kalau menurut saya sih bagusan beli, bisa hemat waktu dan biaya, tapi kalau kurang percaya dengan bahan yang digunakan oleh barang yang kita beli baiknya dibuat sendiri saja. hasil yang maksimal bisa kita raih.